Dosen Rekayasa Kehutanan ITERA Kenalkan Flora dan Fauna di Sekitar Taman Kehati Batu Putu

Dosen Rekayasa Kehutanan ITERA Kenalkan Flora dan Fauna di Sekitar Taman Kehati Batu Putu

Dosen Prodi Rekayasa Kehutanan beserta dosen dari Prodi Biologi melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati), Batu Putu, Telukbetung Timur, Bandar Lampung, Minggu (23/2/2020). Taman keanekaragaman hayati merupakan taman yang berfungsi sebagai pencadangan sumber daya alam hayati lokal.

Kegiatan ini dilakukan oleh dosen Rekayasa Kehutanan ITERA (Faradila Mei Jayani, S.Hut, MSi.) serta beberapa dosen Prodi Biologi (Yeni Rahayu, M.Si,; Yanti Ariyanti, M.Si.,; dan Hendry Wijayanti, M.Sc.) dibantu beberapa mahasiswa. Pengenalan flora dan fauna ini juga melibatkan guru MI Nurul Hikmah Batu Putu dan Ketua RT setempat.

Dalam kegiatan ini, para dosen menjelaskan manfaat taman keanekaragaman hayati, pengertian flora dan fauna, dan manfaat flora dan fauna bagi lingkungan sekitar. Jenis tanaman yang ada yaitu durian ( Durio zibethinus ), mahoni ( Swietenia mahagoni ), kayu manis ( Cinnamomum burmanii ), kemiri ( Aleurites moluccana ), sungkai ( Peronema canescens ). Jenis hewan yang ada yaitu burung, kodok, ikan, kelelawar, bajing kelapa.

Selain itu, anak-anak juga diajarkan untuk membuat ecoprinting dari daun-daun yang ada di Taman Kehati Batu Putu kemudian dicetak pada kain sebagai aplikasi manfaat flora yang ada di sekitar. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kecintaan dan kesadaran sejak dini bagi anak-anak untuk menjaga flora dan fauna yang ada di Taman Kehati Batu Putu.

Leave a Reply