Prodi Rekayasa Kehutanan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melakukan Kegiatan Penjajakan Kerja Sama dengan Coca Cola Europacific Partners Tanjung Bintang

Prodi Rekayasa Kehutanan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melakukan Kegiatan Penjajakan Kerja Sama dengan Coca Cola Europacific Partners Tanjung Bintang

RH News – Sebagai langkah awal untuk melihat peluang kerjasama, Prodi Rekayasa Kehutanan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melakukan kegiatan penjajakan kerjasama dengan Coca Cola Europacific Partners. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Coca Cola Europacific Partners Tanjung Bintang, Kamis (28/10/2021). Dalam penjajakan tersebut, hadir dosen Prodi Rekayasa Kehutanan yaitu Dr. Sena Maulana, S.Hut., M.Si., Rizki Kurnia Tohir, S.Hut., M.Si., serta Arief Juniarto, S.Hut., M.Si. bersama sekretaris LPPM ITERA yaitu Dr. Raden Putra, S.T. Kegiatan ini sebagai langkah awal untuk melihat kontribusi yang bisa diberikan ITERA untuk Coca Cola Europacific Partners Tanjung Bintang.

Pihak Coca Cola Europacific Partners Tanjung Bintang menyambut baik langkah awal kerjasama ini. Menurutnya adanya kerjasama ini bisa menjadi peluang untuk ITERA mengadakan kajian-kajian akademik sehingga menjadi acuan bagi pemerintah untuk membuat suatu kebijakan atau regulasi terutama agar ekonomi masyarakat bisa terus berjalan. Dengan perekonomian yang terus berjalan maka akan menimbulkan dampak positif bagi perindustrian.

Coca Cola Europacific Partners Tanjung Bintang sendiri telah melakukan beberapa upaya untuk turut andil meyelesaikan beberapa isu lingkungan. Upaya tersebut diantaranya penanaman pohon di Coca Cola Forest untuk mereduksi emisi gas karbon dioksida (CO2), menggunakan sollar cell sebagai langkah pemanfaatan energi terbarukan, melakukan recycle botol plastik dalam rangka mencegah penumpukan sampah plastik di masa depan, dan membuat saluran penyerapan air untuk mengatasi permasalahan ketersediaan sumber daya air.

“Prodi Rekayasa Kehutanan ITERA siap untuk melaksanakan kegiatan kerjasama ini. Khususnya dalam kegiatan penelitian terkait penghitungan karbon dari pohon yang ditanam. Selain itu ITERA juga memiliki PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yang juga bisa membantu untuk mengatasi isu energi terbarukan.” Ujar Dr. Sena Maulana selaku Kepala Prodi Rekayasa Kehutanan.

Dari hasil penjajakan kerja sama ini, Prodi Rekayasa Kehutanan ITERA dan Coca Cola Europacific Partners Tanjung Bintang sepakat untuk melanjutkan kerja sama kedua belah pihak pada tahap MoU.

Leave a Reply